Home Menggambar Cara Menggambar Jangka Sorong

Cara Menggambar Jangka Sorong

Rate this post

Cara Menggambar Jangka Sorong. = 10,3 cm + 0,0375 cm. Jangka sorong adalah alat yang dapat mengukur panjang dan ketebalan suatu benda dangan tingkat.

√ [Lengkap] Cara Kalibrasi, Menghitung dan Merawat Jangka Sorong!
√ [Lengkap] Cara Kalibrasi, Menghitung dan Merawat Jangka Sorong! from cerdika.com

Selanjutnya perhatikan skala nonius yang segaris dengan skala utama. Cara menggunakan jangka sorong untuk mengukur diameter/ketebalan. Jangka sorong bisa diartikan sebagai salah satu jenis alat ukur dari panjang suatu benda.

= Skala Utama + (Skala Nonius X Skala Terkecil) = 10,3 Cm + (7,5 X 0,05 Mm) = 10,3 Cm + 0,375 Mm.

Perhatikan gambar diatas, terdapat dua garis yang ditandai. Cara menggunakan jangka sorong penting untuk diketahui agar kita bisa melakukan pengukuran secara tepat. Alat yang satu ini dipercaya lebih baik daripada mistar.

Jangka Adalah Alat Untuk Menggambar.

Bersihkan benda yang akan diukur. Alat ini ditemukan pertama kali. Sesuai namanya, jenis ini digunakan untuk mengukur ketinggian suatu objek dengan lebih detail dan akurat.

Kamu Bisa Mendapatkan Angka Ini Dengan Cara Mencari Garis Dari Skala Vernier Yang Tepat Segaris Dengan Skala Utama.

Jadi, hasil pengukurannya adalah 0,55 cm. Cara membaca skala jangka sorong tersebut sebagai berikut. Cara pembacaan / membaca hasil pengukuran jangka sorong.

Jika Tertarik Untuk Meningkatkan Kecerdasan, Berikut Ini Beberapa Cara Yang Bisa Kamu Lakukan Dengan Beberapa Kegiatan Yang Menarik;

20 september 2021 oleh admin. Jangka sorong ketelitian 0,05 mm. Jangka sorong tersebut memiliki skala nonius berupa goresan pada bagian yang digeser.

Garis Pertama Yang Lurus Dengan 0 Pada Skala Nonius Menunjukan Angka Kepala Dari Hasil.

Cara menggunakan jangka sorong manual bagian membaca berikutnya, geser lagi rahang ke sebelah kiri hingga rapat untuk mendapatkan hasil pengukuran yang optimal. Biasanya, alat ini sering kita jumpai di. Amati, berapa nilai terkecil skala.